SEJARAH SEKOLAH


SMP Muhammadiyah Rambah, sebelumnya adalah bernama SMP Muhammadiyah Pasirpengarayan, yaitu suatu lembaga pendidikan yang didirkan oleh Persyarikatan Muhammadiyah yang pada waktu itu adalah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pasirpengarayan dan termasuk salah satu cabang dari wilayah kerja Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kampar.

SMP Muhammadiyah Rambah telah berdiri sejak  1 Januari 1969 dengan Piagam Pendirian dari Majelis Pendidikan dan Kebudayaan No. 4301/II-07/R-69/1988 dan terdaftar di wilayah Muhammadiyah Riau dengan No. 030/II-05/R-69/1987.

Sekarang nomenklatur sekolah telah berubah menjadi SMP Muhammadiyah Rambah, hal ini sesuai dengan perkembangan pemekaran wilayah, dimana Kabupaten Rokan Hulu yang berkedudukan di Pasirpengarayan telah terbentuk seiring dengan itu Daerah Muhammdiyah Rokan Hulu-pun juga telah berdiri.

Dalam perjalanan sejarah SMP Muhammadiyah Rambah dari sejak berdirinya hingga sekarang telah terjadi beberapa kali perubahan baik tempat belajar, sarana fisik maupun personalianya.

Pada awal berdirinya, SMP Muhammadiyah Rambah belajar di walayah Pasar Lama, dekat masjid taqwa Pasirpengarayan, sejak tahun …….. SMP M dipindahkan dari pasar lama ke lokasi komplek perguruan Muhammdiyah di KM.2 Pasirpengarayan di atas tanah wakaf dari Bapak Ilyas Miloen.

Sejak tahun 1985 status sekolah ini telah tercatat di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, kemudian satu tahun berikutnya status sekolah telah meningkat pada jenjang Akreditasi “Diakui”. Oleh Bapak Aidit Ma’arief pada waktu itu sebagai Kepala Sekolah berusaha ingin meningkatkan status ini menjadi “Disamakan”, Namun dengan perubahan system birokrasi dan tata kerja pemerintahan sekarang ini, maka status sekolah ini adalah tetap sebagai sekolah swasta dengan status “Diakui” dengan Izin Operasional Kanwil Depdikbud Propinsi Raiu No. 18691/I09.TD/1-385  tanggal 15 Oktober 1985. NDS : 2009010501, NSS : 20.4.14.06.03.006 dan NPSN :  10402978.

Adapaun sebagai Kepala Sekolah sejak beridirnya SMP Muhammadiyah Rambah adalan sebagai berikut ;
1.             Damri  periode dari tahun ………………  sd. Tahun ………………….
2.             Jasman periode dari tahun ………………….. sd. Tahun ……………….
3.             Aidit Ma’arief periode dari tahun  ……………… sd. Tahun …………….
4.             Khairul Akmal, S.Sos. MSi periode dari tahun ……………….. sd. Tahun …………….
5.             Akhiruddin Nasuitin, S.Ag. periode dari tahun …………….. sd. tahun …………..
6.             H. Syahrul, SH. Periode dari tahun ……………. Sd. Tahun …………..

Sedangkan  staf pengajar pada periode awal antara lain adalah, Zubaidah Nasuiton, Abdul Wahab, Asmi Hayati dan masih banyak lagi yang belum kami dapatkan datanya.






Pages